Cek Kesuburan dan TORCH Apa Bedanya? Berapa Biayanya?

Setiap pasangan yang baru saja berumah tangga pasti ingin memiliki keturunan, namun ada beberapa masalah yang berpotensi menghalangi hal tersebut. Ada tes yang bisa anda lakukan untuk memeriksa apakah anda dan pasang subur atau tidak. Terdapat juga berbagai biaya cek kesuburan wanita.

Cek Kesuburan

Proses pemeriksaan untuk cek kesuburan bisa dilakukan bagi pria maupun wanita. Bagi wanita tes ini bertujuan untuk memeriksa apakah organ reproduksi dan hormon dalam kondisi terbaik atau terdapat abnormalitas. Bagi wanita, tes ini meliputi pemeriksaan untuk melihat rahim, ovarium serta tuba fallopi serta pemeriksaan tentang hormon dan proses ovulasi.

Prosedur untuk tes kesuburan meliputi 4 jenis tahapan. Pertama, anda akan melakukan prosedur Histerosalpingografi (HSG) yang bertujuan untuk mengambil gambar pada organ reproduksi yang anda miliki dengan prosedur radiografi. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah ada permasalahan dalam saluran reproduksi anda. Setelah itu anda juga akan melaksanakan tahapan USG transvagina untuk memeriksa kemungkinan terjadinya kanker. Selanjutnya tahapan histeroskopi dan laparoskopi.

Selain cek kesuburan, anda juga akan melakukan pemeriksaan terkait hormonal. Hal ini cukup penting karena proses yang terjadi saat ovulasi merupakan proses yang sepenuhnya diatur oleh sistem hormonal. Biasanya anda akan melaksanakan tes darah dan penggunaan obat clomiphene.

Tes TORCH

Pemeriksaan TORCH berbeda dengan cek kesuburan. TORCH merupakan jenis pemeriksaan yang meliputi pemeriksaan terhadap toksoplasmosis, rubella, CMV (Cytomegalovirus), serta herpes simpleks. Mengapa anda harus melakukan prosedur pemeriksaan tersebut? Hal ini karena apabila ibu hamil tertular penyakit tersebut akan memiliki efek yang buruk bagi janin. Apalagi beberapa dari penyakit tersebut memiliki kemampuan untuk menembus plasenta, beragam penyakit yang mungkin saja menyerang bayi setelah lahir diantaranya katarak, jantung, masalah pendengaran, hepatitis, hingga keterbelakangan mental. Tes ini pun dilakukan dengan cukup sederhana karena hanya membutuhkan proses pengambilan sampel darah saja. Sampel darah yang sudah diambil nantinya akan diperiksa di laboratorium dengan antibodi yang secara spesifik digunakan untuk memeriksa TORCH. Biasanya dibutuhkan dana 1 – 5 juta untuk tes lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *